Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Navigasi Header

Fathul Qorib Awal dan terjemah | Sholat Istisqa' 2

 بسم الله الرحمن الرحيم

Kemudian (Imam) disunnahkan melakukan dua Khutbah sebagaimana Rukun Rukun Khutbah (pada) Sholat dua Id, Namun dipermulaan dua Khutbah tersebut, Imam membaca Istighfar sebagai gantian dari Takbir pada Khutbah dua Id.

Kemudian (Imam) disunnahkan melakukan dua Khutbah sebagaimana Rukun Rukun Khutbah (pada) Sholat dua Id, Namun dipermulaan dua Khutbah tersebut, Imam membaca Istighfar sebagai gantian dari Takbir pada Khutbah dua Id.

Jadi pada Khutbah pertama dimulai dengan Istighfar dulu 9 kali (lalu berkhutbah), pada Khutbah kedua dimulai dengan Istighfar 7 kali (lalu berkhutbah). Shighot (lafad) Istighfar tersebut adalah

أسْتَــغفر الله العظيم الذي لا إله إلا هو الحيّ الــقــيــوم وأتوب إليه

Dan pembacaan dua Khutbah ini dilaksanakan setelah pelaksanaan Sholat dua Rakaat.

Dan (Khotib/Imam) memindah selendang bagian kanan ke kiri dan (bagian) atas ke bawah, dan manusia atau Ma'mum (ikut) memindah  selendangnya sama seperti Khotib.

Dan memperbanyak Do'a; dengan lirih atau (dengan) keras, Kalau Khotib / Imam melirihkan doanya, maka Ma'mum (juga) melirihkan doanya, tapi, jika Khotib menyaringkan doanya; maka Ma'mum mengamini doanya Imam.

(Dan Imam) memperbanyak Istighfar dan membaca dua ayat pada Surat Nuh ayat 10 dan 11. - bacaannya ada di gambar -

Di sebagian naskah terdapat (keterangan) tambahan; yakni 

Berdoa dengan Do'a (yang sudah Warid) dari Rasulullah yaitu; (terjemahannya)

Ya Allah jadikanlah hujan ini sebagai hujan (pembawa) Rahmat, dan janganlah engkau jadikan hujan ini sebagai hujan pembawa bencana, hujan yang merusak, hujan yang membawa marabahaya, hujan yang merobohkan, dan hujan yang menenggelamkan. 

Ya Allah (turunkanlah hujan) ke .....(yang mengerti bisa diisikan di kolom komentar), gunung gunung kecil, pepohononan, dan bagian dalam beberapa jurang.Ya Allah (turunkanlah hujan) ke sekitar kita dan bukan di atas (saja). 

Ya Allah siramkanlah / turunkanlah hujan yang membawa pertolongan, menyenangkan, (membawa) kenikmatan, ....(yang mengerti bisa diisi di komentar), mengalir, merata, melimpah, menutupi (permukaan tanah), mulia dan senantiasa sampai hari Qiyamat.

Ya Allah hamba hamba(mu) dan beberapa daerahnya mengalami kesusahan, keletihan, dan kesulitan yang hanya kita adukan kepadamu 

Ya Allah tumbuhkan tanaman untuk kami, dan limpahkanlah kami susu, dan turunkanlah keberkahan langit, tumbuhkanlah kami keberkahan dari bumi, dan lenyapkanlah marabahaya yang (bisa) menimpa kami dan hanya bisa dilenyapkan olehmu.

Ya Allah tumbuhkan tanaman untuk kami, dan limpahkanlah kami susu, dan turunkanlah keberkahan langit, tumbuhkanlah kami keberkahan dari bumi, dan lenyapkanlah marabahaya yang (bisa) menimpa kami dan hanya bisa dilenyapkan olehmu. 

Ya Allah sesungguhnya kami memohon ampun kepadamu; sesungguhnya engkau adalah Dzat yang maha pengampun, maka utuskanlah langit (untuk) menurunkan hujan yang deras.

Dan (setelah berdoa), mandi di jurang (yang tidak terlalu curam) ketika hujan turun, dan membaca Tasbih ketika ada suara gemuruh dan kilat / guntur.

Selesai sudah keterangan tambahannya, Namun, keterangan tambahan ini (dirasa) kurang cocok dengan kitab Matan yang seharusnya ringkas, karena terlalu panjang.

Wallahu'alam

1 comment for "Fathul Qorib Awal dan terjemah | Sholat Istisqa' 2"

Mohon berkomentar dengan sopan dan santun
Terima kasih