Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Navigasi Header

Fathul Qorib Awal dan terjemah | Sholat Khauf 1

 بسم الله الرحمن الرحيم

Fasal menerangkan tatacara Sholat Khauf Mushonif menerangkan bab ini sebagai bab tersendiri dari Sholat yang lain, karena dalam pelaksanaan Sholat Fardlu dalam keadaan mengkhawatirkan terdapat Rukhsoh / keringanan yang tidak ada pada Sholat yang lain.

Fasal menerangkan tatacara Sholat Khauf

Mushonif menerangkan bab ini sebagai bab tersendiri dari Sholat yang lain, karena dalam pelaksanaan Sholat Fardlu dalam keadaan mengkhawatirkan terdapat Rukhsoh / keringanan yang tidak ada pada Sholat yang lain.

Sholat Khauf memiliki 6 pembagian dilansir dari kitab Shohih Muslim, dan di kitab ini Mushonif  meringkas 6 pembagian tersebut menjadi 3 pembagian;


1. Ketika musuh tidak berada di arah Qiblat

Sedangkan pihak musuh terbilang sedikit, dan pihak Muslim terbilang banyak, sekiranya tiap kelompok dari pihak muslim bisa (dan mudah) menahan pihak musuh.

Maka Imam membagi dengan dua kelompok :

* Kelompok 1 berjaga di depan musuh

* Kelompok 2 berdiri di belakang Imam

Kemudian Imam memulai Sholat satu Rakaat bersama kelompok ke 2 yang berada di belakang Imam. Kemudian ketika Imam berdiri untuk melaksakan Rakaat kedua, maka Ma'mumnya menyempurnakan sisa Sholatnya; sendiri sendiri. - Sholatnya sendiri sendiri -

Dan pergi untuk menghadapi musuh ketika Sholatnya sudah selesai.

Kemudian kelompok 1 (mundur dan) melaksanakan Sholat bersama Imam; satu Rakaat, kemudian saat Imam sedang duduk Tasyahud, Ma'mum memisahkan dari imam dan menyempurnakan sisa Sholatnya tanpa berniat memisahkan diri.

- 'menyempurnakan' dengan kata lain, Sholat sendiri sendiri -

Sedangkan Imam (saat dalam keadaan duduk Tasyahud Akhir) menunggu kelompok ke 2 ini; dan (melakukan) salam bersama sama.

Sefaham saya ilustrasinya seperti dibawah ini;

 

Dan ini adalah Sholat yang dilakukan Rasulullah ketika berada di (perang) Dzatur Riqo', disebut demikian karena pada peperangan tersebut orang orang menambal bendera benderanya. Ada yang mengatakan karena alasan yang lain.

Wallahu'alam

Post a Comment for "Fathul Qorib Awal dan terjemah | Sholat Khauf 1"